Rahasia Dapatkan Tiket Kereta Api Untuk Mudik

Beberapa bulan sebelum liburan atau Lebaran, mereka yang ingin bepergian dengan kereta api tentu sudah siap berburu tiket. Apalagi saat ini PT Kereta Api Indonesia juga sudah melayani pemesanan tiket untuk keberangkatan 90 hari kedepan. Jadi Anda dapat memesan tiket sejak jauh – jauh hari sebelum keberangkatan.

Tiket yang paling banyak diincar biasanya adalah tiket saat Lebaran. Banyak yang mengatakan bahwa mendapatkan tiket kereta api online menjelang Lebaran adalah hal yang sulit. Memang, PT KAI biasanya memberikan kuota tiket tambahan di hari Lebaran. Tetapi, Anda tentu akan lebih lega jika sudah mendapatkan tiket yang diinginkan tanpa harus merasa cemas tidak kebagian tiket cadangan. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk sukses mendapatkan tiket mudik.

Siap Sebelum Pukul 00.00 WIB

Untuk memesan tiket menjelang lebaran, sebaiknya jangan tunggu pagi hari seperti jam 5 pagi atau jam 6 pagi. Anda sebaiknya membeli sejak pukul 00.00 saat penjualan tiket tersebut mulai dibuka. Tiket online biasanya akan langsung habis terjual tidak sampai 30 menit setelah penjualannya dibuka.

Siapkan Beberapa Gadget Sekaligus

Siapkan beberapa gadget yang dapat digunakan untuk memesan tiket entah itu tablet, laptop, atau smartphone. Jadi Anda dapat terus memantau penjualan tiket tersebut dari beberapa perangkat. Jika Anda menggunakan gadget lebih dari 1, pastikan koneksi internet untuk berburu tiket tersebut lancar dan stabil. Pasalnya, jika koneksi sampai lemot, bukan tidak mungkin tiket yang dipesan sudah disambar oleh pengguna lainnya.

Usahakan Tidak Memilih Tiket Termurah

Sebaiknya jangan memesan tiket kereta dengan harga yang paling murah. Alasannya, harga tiket kereta api murah memiliki peminat yang lebih banyak sehingga kesempatan untuk mendapatkan tiket tersebut akan menjadi lebih kecil. Jika anggaran yang tersedia untuk mudik memang terbatas, Anda masih bisa mencari tiket kereta dengan harga yang terjangkau tetapi bukan yang paling murah. Sebagai contoh, tiket Jakarta – Surabaya harga yang paling murah adalah Rp 165 ribuan. Anda dapat membeli tiket dengan harga Rp 365 ribu untuk kelas bisnis. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal daripada tidak kebagian tiket sama sekali bukan?

Membuka Situs Online Penyedia Tiket Selain KAI

Saat ini sudah terdapat banyak situs online yang menyediakan layanan pesan tiket kereta selain KAI. Anda dapat memanfaatkan situs ini supaya dapat memperoleh tiket dengan cepat. Walaupun kadang terdapat selisih harga, tetapi ini akan menghindarkan Anda dari daftar antrian panjang di web KAI.

Trayek Estafet Untuk Alternatif Tiket Habis

Jika Anda berniat mudik dari Jakarta ke Surabaya tetapi kuota tiketnya sudah habis, solusi terbaik yang dapat dicoba adalah dengan melakukan trayek estafet. Contohnya, Anda membeli tiket kereta dari Jakarta ke Bandung. Selanjutnya, Anda dapat membeli tiket dari Bandung untuk menuju ke Surabaya. Memang cara ini lebih menguras tenaga. Tetapi jika dilihat dari segi harga, biaya yang dikeluarkan lebih hemat dibandingkan naik pesawat.

Tidak Ada Salahnya Mencoba Transportasi Lain

Kehabisan tiket kereta merupakan skenario terburuk yang mungkin dihadapi. Tetapi, kehabisan tiket bukan berarti Anda tidak bisa pulang. Anda dapat membeli tiket alternatif dengan moda transportasi lain seperti bus atau pesawat.

Rajin Memantau Situs KAI

Walaupun Anda tidak mendapatkan tiket saat pemesanan, sebaiknya Anda tetap rajin memantau situs KAI. Mungkin saja ada beberapa tiket yang tersisa atau dibatalkan yang bisa dibeli. Pasalnya, beberapa penumpang kadang melakukan cancel booking atau pembatalan tiket mereka karena berbagai alasan. Peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan tiket tersebut sebelum dibeli oleh orang lain.

Cara Membeli Tiket Kereta yang Dibatalkan

Bagi Anda yang belum berhasil mendapatkan tiket kereta karena kehabisan, biasanya ada beberapa tiket dari calon penumpang yang dibatalkan. Setiap hari biasanya ada banyak tiket yang dibatalkan. Tentunya tiket yang dibatalkan tersebut dapat dibeli oleh calon penumpang kereta api lainnya yang belum mendapatkan tiket.

 

Jika Anda ingin membeli tiket tersebut, Anda dapat memeriksa pemesanan tiket secara online. Tiket tersebut dapat diperoleh di sejumlah tempat mulai dari loket di stasiun, kantor pos, gerai minimarket, agen penjualan tiket, OTA, maupun pegadaian. Anda juga dapat menghubungi kontak center di nomor 121. Jenis tiket yang dibatalkan jenisnya bervariasi seperti kereta api ekonomi, bisnis, dan ekeskutif dengan berbagai rute dan waktu berbeda.

Membeli Tiket Kereta Api Tambahan

Mengingat kebutuhan transportasi kereta api yang terus meningkat setiap tahunnya, PT KAI pun biasanya memberikan tiket kereta api tambahan menjelang Lebaran. Setiap tahunnya, PT KAI bahkan menyediakan ribuan tiket tambahan yang dijual per hari selama masa angkutan Lebaran.  Untuk memesan tiket tambahan tersebut, calon penumpang dapat melakukan pemesanan di semua channel pemesanan tiket seperti KAI Access, KAI.id, jaringan PPOB, minimarket, hingga situs dan aplikasi yang dikelola mitra yang sudah bekerjasama dengan PT KAI. Untuk mendapatkan tiket kereta yang dibutuhkan, Anda perlu mencari alternatif rute atau tanggal kereta api. Pasalnya kereta api tambahan biasanya akan dirilis secara bersamaan.

Cara Memesan Tiket Kereta Dengan Aplikasi KAI Access

PT KAI telah menyediakan aplikasi mobile yang dapat diunduh ke perangkat smartphone melalui KAI Access. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Playstore ke perangkat smartphone Anda. Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi tersebut. Pilih menu Train di laman utama KAI Access.

Setelah itu, pilih stasiun asal dan tujuan kereta Anda. Kemudian pilihlah jadwal keberangkatan kereta , jumlah penumpang, dan kelas tiket yang dipilih. Batas minimal usia penumpang yang wajib memiliki tiket kereta api adalah 3 tahun. Jika Anda sudah mengisi waktu keberangkatan dan jumlah penumpang, klik menu Cari Tiket.

 

Di layar selanjutnya yaitu Departure, pilih Kereta dan Jadwal yang tersedia. Tabel jadwal kereta yang ditampilkan sudah cukup detail dengan waktu berangkat, waktu tiba, kelas, harga tiket, dan tiket yang masih tersisa. Kursi kereta yang telah habis saat ini sudah dipisahkan di bagian bawah sehingga yang muncul hanya kursi yang masih tersedia. Anda dapat mengklik di salah satu jadwal.

 

Selanjutnya akan muncul konfirmasi pesanan kereta yang sudah dipilih. Periksa kembali jadwal tersebut. Setelah itu beri tanda centang pada persetujuan reservasi.  Berikutnya isi data penumpang sesuai identitas yang berlaku. Pastikan Anda membawa identitas tersebut sebelum masuk ke peron. Berikutnya Anda dapat memilih kursi. Di bagian tersebut Anda dapat mengganti kursi default sesuai pilihan Anda selama persediaan masih ada. Kursi bertanda merah berarti sudah terisi sedangkan kursi warna biru adalah kursi Anda saat ini. Jika ingin mengubah, klik warna biru di kursi Anda sampai berubah menjadi berwarna putih kemudian klik pada kursi yang diinginkan. Simpan dan klik menu berikutnya.

 

Tahap berikutnya adalah memilih metode pembayaran tiket kereta online. Anda dapat memilih pembayaran sesuai dengan keinginan Anda baik melalui ATM, minimarket atau yang lainnya. Setelah memilih metode pembayaran, nanti akan muncul pemberitahuan bahwa pemesanan tiket Anda sudah berhasil. Sekarang Anda pun dapat melihat pemesanan tersebut di menu history.